Senin, 14 Oktober 2019

UU-ITE

Assalamu'alaikum wr.wb.. 
Salam sejahtera untuk kita semua,,
semoga kita dalam keadaan lindungan Tuhan Yang Maha Esa. aamiin Ya Robbal'alamin..
Pembuatan blog ini dimaksudkan sebagai salah satu pegangan / kajian bagi rekan-rekan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mengenai  UNDANG-UNDANG ITE (INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK).
Walaupun blog ini telah diselesaikan dengan baik, bukanlah berarti blog ini telah sempurna. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan masukan yang bersifat membangun dari berbagai pihak untuk penyempurnaan di masa mendatang.
Sisihkan komen sahabat blog hehe...
Pengaturan tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diatur secara jelas paska diundangkannya Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, yang kemudian diubah menjadi Undang-undang No. 19 Tahun 2016 (selanjutnya disingkat UU-ITE). Beberapa tahun sejak diundangkannya UU-ITE, problematika pemanfaatan TIK tidak menjadi perbincangan. Namun, seiring dengan meningkatnya penggunaa Internet di masyarakat, khususnya penggunaan media sosial, maka mulai marak juga kasus-kasus terkait informasi dan transaksi elektronik.
Secara struktur undang-undang, perbuatan yang dilarang dalam UU-ITE diatur dalam pasal 27 sampai dengan pasal 37 UU-ITE. Namun demikian secara lebih spesifik, ketentuan tentang larangan hanya diatur dari pasal 27 sampai dengan pasal 35 UU-ITE. Ada dua pasal yang berkedudukan sebagai operator norma, yaitu kondisi ketika suatu tindak pidana dilakukan oleh orang asing terhadap sistem elektronik di wilayah Republik Indonesia (pasal 37 UU-ITE) dan tindakan yang merugikan orang lain (pasal 36 UU-ITE). Adapun ketentuan norma primer (larangan) yang diatur dalam UU-ITE bisa dijelaskan sebagai berikut:


Setelah membaca artikel dan pasal-pasal yang berlaku dalam UU-ITE diatas semoga kita dapat lebih berhati-hati dalam bersosial media.
Gunakanlah media sosial dengan bijak, karena apapun yang kita lakukan akan dipertanggung jawabkan baik diDunia maupun di Akhirat nantinya....

See you sahabat blogger dimanapun kalian berada
terimakasih telah singgah di blog sederhana ini...
tingalkan kritikan dan saran demi membangun blog ini..
Wassalam....




2 komentar:

Dampak IPTEK Bagi Kehidupan Manusia

Hallo Teman-Teman Sudah lama ya saya tidak membuat postingan,,,,, hehe Jujur saya rindu membuat postingan kaya gini... tapi apalah daya d...